Bayi

Cara Mengatasi dan Penyebab Bisul Pada Bayi

Cara Mengatasi dan Penyebab Bisul Pada Bayi

Bisul merupakan benjolan yang disertai nanah dikulit pada bayi.  Benjolan beserta nanah ini biasnya akan mucul di area yang berambut, berikeringat, dan area yang sering bergesekan.  Seperti leher, wajah, ketiak, paha, dan bokong bayi.

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya kita ketahui faktor apa saja yang menyebabkan kulit bayi mengalami bisul.

Penyebab bisul pada anak

Penyebab Bisul Pada Bayi

Penyebab utama tumbuhnya bisul pada bayi merupakan adanya bakteri yang menyerang folikel rambut, Bakteri ini merupakan bakteri yang dapat hidup didalam mulut, kulit, dan hidung manusia. Kulit bayi yang tergores atau megalami luka terbuka menjadikan celah masuk bakteri, Dengan demikian makan bakteri akan menimbulkan infeksi sehingga tubuh bayi akan mengirimkan sel-sel darah putih demi menagkal infeksi, dan kumpulan darah putih ini akan membantuk nanah dan memicu bisul pada bayi.

Cara Mengatasi Bisul Pada Bayi

Bunda tidak perlu panik dan khawitir apabila pertama kali menhadapi bisul pada bayi, meski bislu dapat sembuh dengan sendiri, bunda dapat mempercepat proses penyembuhan dengan tindakan yang tepat.

  1. Kompres bagian bisul dengan air hangat
    Kompres dengan air hangat, letakkan perlahan ke daerah bisul pada kulit bayi, lakukan secara rutin 2 atau 3 kali sehari.
  2. Apabila bisul pada kulit bayi sudah pecah, segera bersihkan dengan menggunakan sabun antiseptk untuk menghilangkan nanah dan tutup luka dengan perban steril.

Hal paling penting dalam merawat buah hati adalah kebersihan, pastikan cuci tangan sebelum menyentuh kulit bayi.

Pastikan bunda jangan memecahkan  bisul dengan alat bantu apapun. Hal ini justru akan menyebabkan kondisi kulit dapat terjadi infeksi, jadi biarkan bisul pada bayi pecah dengan sendirinya.

Jangan lupa selalu memberikan asupan nutrisi terbaik untuk bayi, yakni asupan air susu ibu, Jangan khawatir untuk tetap memberikan ASI awalpun terjadi bisul pada kulit bayi. Apabila dalam jangka 1 minggu bisul tidak sembuh alangkah baiknya bunda untuk berkonsultasi dengan dokter sepesialis kulit.

Be the First to comment.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *