Bayi

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Dianjurkan Dokter

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Dianjurkan Dokter

Keluarnya ingus atau cairan jernis dari hidung merupakan tanda-tanda dari pilek,  pilek bisanya terjadi karena sistem daya tahan tubuh yang belum sempurna, Bahkan pilek bisanya disertai dengan batu atau demam. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Mengatasi Batuk Pilek Pada Anak

Penaganan Yang Dapat Dilakukan Dirumah

Bunda tidak perlu khawatir dan panik.  Keluarnya ingus pada bayi ketika pilek merupakan suatu cara tepat menyingkirikan kuma dalam tubuh. Namun, Jika ingus yang keluar dari hidung terlalu banyak, dapat menganggua saluran pernafasan. Untuk itu sebaiknya segera lakukan beberapa langkah untuk membantu meringkankan pilek pada bayi dibawah ini…

  • Jauhkan bayi dari suhu ruangan yang dingin, sebaiknya tempatkan bayi diruangan tanpa AC untuk mengurangu hidung tersumbat.
  • Apabila pilek sudah sangat menganggu, Encerkan lendirnya dengan air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung dan gunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidung bayi.
  • Tepuk perlahan punggung bayi, untuk membantu meringankan pernapasan yang tersumbat, baringkan bayi dengan posisi tengkurap pada lutut atau biarkan bayi duduk di pangkaun dengan condong ke arah depat.
  • Bersihkan carian hidung atau lendiri yang mengeras pada hidung bayi gunakan kapas yang dbasahi dengan air hangat.
  • Apabila bayi sudah berusia diatas 6 bulan bunda dapat memberikan teh hangat agar membantu merdahkan hidung tersumbat.

Perlu bunda ketahui, Pastikan bunda tidak memberikan obat sembarangan kecuali atas resep yang diberikan dokter.  Apabila pilek pada bayi tidak menganggu aktvitas serta pola makan bayi tidak memerlukan tindakan khusus.  Jangan memberikan obat pilek bayi sembarangan jika bayi masih dibawah usia 3 tahun.  Karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya pada pencernaan bayi.

Be the First to comment.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *