Balita

Makanan Yang Dapat Menyembuhkan Anemia Pada Anak

Makanan Yang Dapat Menyembuhkan Anemia Pada Anak

Anemia merupan salah satu penyakit yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak, Kondisi ini terjadi saat sel dara merah, konsentrasi hemoglobin, dan protein pada sel darah merah anak rendah.

Penyakit yang satu ini tidak hanya menyerang kalangan orang dewasa saja, melainkan anak-anak bahkan masih berusia belum genap 1 tahun. Penelitian menunjukan bahwa anemia dapat mempengaruhi fungsi otak, mulai dari berfikir dan berintraksi.

Anemia bisa terjadi karena kekurangan zat besi dan vitamin. Untuk itu berikut kami rangkumkan beberapa jenis makanan yang dapat membantu menyembuhkan anemia pada anak bunda.

Makanan apa sajakah yang dapat meyembuhkan anemia pada anak?

Kekurangan zat besi memang dapat menurunkan sel darah merah. Zat besi merupkan mineral pada tubuh yang menjadi salah satu komponen hemoglobin. Ketika sel darah merah berkurang makan oksigen pun sulit untuk bekerja atau beredar diseluruh tubuh.  Hal ini akan menimbulkan rasa capek, lelah, dan sensitif.

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu menyembuhkan anemia pada anak

Makanan untuk anak anemia

Tomat

Tomat adalah satu makanan yang mengandung vitamin C dan zat besi.  Vitamin C dapat bekerja untuk menyerab zat besi dari makanan lain, dan zat besi yang terkandung dalam tomat tidak terlalu banyak.

Sayur Bayam

Sayur bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan kandungan yang bermanfaat, Mulai dari zat besi, vitamin A, B2, C, dan E.  Kandungan ini sangat bermanfaat untuk membantu memproduksi lebih banyak sel darah merah. Selain itu dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Selai Kacang

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang dapat membantu mengobati anemia dengan cepat. Memiliki rasa yang gurih dan disukai anak-anak.  Didalam selai kacang terdapat kalori yang tinggi namun juga kaya kandungan zat besi.

Telur

Makanan yang terkenal kaya akan kandungan protein ini ternyata juga mengandung zat besi dan zinc yang dapat membantu pembentukan darah. Sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan sel darah merah.

Daging Merah

Daging dapat mudah menyerap zat besi lebih cepat dari pada sayuran, (heme iron) zat besi yang terdapat pada hemoglobin yang hanya dapat ditemukan pada daging seperti jantung, ginjal, dan hati.  Daging mera mengandung kualitas zat besi yang tinggi untuk itu kami rekomendasikan untuk membarikan daging merah pada anak dalam waktu 2 atau 3 kali dalam 1 minggu.

Be the First to comment.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *