Balita

Menyiasati Anak 10 Bulan Hingga 1 Tahun Susah Makan

Susah makan bukanlah hal baru yang terjadi pada anak-anak, susah makan pada anak merupakan masalah umum yang memang dialami oleh bayi atau anak-anak.  Mungkin ada beberapa orang tua yang anaknya  mengalami susah makan di usianya yang baru menginjak 10 bulan atau 11 bulan hingga 1 tahun.

Ada berbagai sikap sikecil melakukan penolakan makanan mulai dari berontak, nangis, dan menutup mulutnya ketika hendak disuapin.  Susah makan pada anak dapat disebabkan oleh beberapa fakor seperti bosen terhadap menu makanan, atau karena suasana tidak menyenangkan bagi sikecil.

Menyiasati Anak 10 Bulan Hingga 1 Tahun Susah Makan

Sebagai orang tua sebaiknya jangan membiarkan dan jangan juga memaksa anak untuk makan. Sebaiknya lakukan beberpa tips atau cara membuat sikecil nafsu makan lagi dan tidak memaksa.

Menyiasati Anak Susah Makan

  1. Ajak sikecil makan bersama-sama bareng keluarga, dan berikan makan secara perlahan-lahan dan membujuk dengan kesabaran makan anak akan luluh.
  2. Usia anak 10 bulan atau lebih biasanya memilih untuk makan sendiri. Untuk itu sebaiknya sebagai orang tua anda mengizinkan dan membiarkan sikecil untuk makan sendiri dan mendampinginya.  Cara ini akan menjadikan anak mandiri sejak dini walapun menyebabkan kotor baju, meja, dan lantai.
  3. Berikan tempat makan yang paling tinggi untuk sikecil, sebaiknya jangan membiarkan sikecil makan di tempat yang ramai, depat tv, dan taman. Justru hal ini akan menyebabkan konstrasi atau fokus anak terhadap makanan akan terbagi.
  4. Apabila anak kecil tidak mau makan sekali dalam jangka panjang, sebaiknya priksakan sikecil ke dokter agar dapat membantu mengatasi sikecil yang sedang mengalami susah makan.  Pada saat sikecil berusia 10 bulan hingga 1 tahun apabila susah makan akan diberikan vitamin anak khusus untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak
  5. Usia anak yang sudah genap 1 tahun bisanya sudah memiliki bahasa tubuh seperti mendorong sendok, membuang muka, dan melemparkan makanan atau membuang makanan, Jika hal ini sudah ditunjukan oleh buah hati anda sebaiknya berhenti untuk memberikannya.
Be the First to comment.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *