Bayi

Pelajari Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Pelajari Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Menginjak usia 1 bulan, bayi masih banyak menghabiskan waktunya dengan tidur. Namun dibailk itu semua, otaknya sudah mulai berkembang dengan pesat sehingga bunda perlu mulai mengajak untuk berintraski atau berkomunikasi.

Untuk membantu mengoptimalkan perkembanganya memang harus dimulai sejak dini. Nah untuk bunda yang baru pertama kali memiliki buah hati pastinya ingin mengetahui lebih jauh perkembangan buah hatinya bukan….?

Nah.. bunda datang pada situs yang tepat, kami akan membantu bagamana caranya merangsang bayi diusia 1 bulan agar dapat tumbuh sehat dan mejadi anak yang pandai dikemudian hari. Jadi sayang apabila momen ini dilewatkan begitu saja..

Memperhatikan perkembangan bayi 1 bulan merupakan hal yang penting bagi orang tua. Agar dapat memantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan buah hati.

Perkembangan Bayi 1 Bulan

Ada berbagai tahap perkembangan yang haru bunda ketahui, mulai dari perkembangan keseluruhan hinggan perkembangan secara kognitif. Berikut diantaranya:

  1. Perkembangan Secara Menyeluruh

    Perkembangan secara menyeluruhan merupakan usia dimana sikecil belum menampakan perkembangan yang siginifikan. Namun sikecil memerlukan rangsangan yang cukup. Untuk itu bunda dapat melakukan insraksi bersamanya. Agar kemampuan berkembangnya dapat berjalan lebih optimal.

    Diusia berkembangan bayi yang berusia 1 bulan, biasnaya ditandai dengan menurunya berat badannya.  Biasnya menurun sedikit dibandingkan dengan masa awal kelahirannya. Namun bunda jangan khawatir karean ini merupakan hal wajar dan berat badanya akan kembali naik dalam 10-12 hari pasca lahir.  Bisanya akan kembali naik sekitar 113 hingga 227 gram per minggu.

  1. Perkembangan Motorik Bayi Diusia 1 Bulan

    Perkembangan motorik pada buah hati bunda yang menginjak 1 bulan ada cuku banyak. Pada usia ini sikecil sudah mulai belajar mencengkram tangan atau pakaian dengan kencang.  Selain ada perkembangan lain seperti berikut.

  • Perkembangan pada penglihat sikecil seja 2 minggu setelah kelahiran sikecil, Sudah mulai berfokus saat memperhatikan objek yang ada pada jarak 20 hingga 35 cm. Untui itu bunda dapat membantu pergerakan mata sikecil dengan menggerakan wajah bunda ke kanan dan kiri.
  • Perkembangan yang terlihat selanjutnya merupakan perkembangan secara alami sikecil sudah dapat menghisap. Bahkan sejak masih dalam kandungan. Jadi tidak heran bila bunda sering melihat sikecil memasukkan jari jari tangannya kebagian mulut. Bunda dapat melnempatkan dot pada sikecil agar membantunya ingin menghisap tanpa melibatkan tangannya.
  • Usia bayi memang sangat baik tidur telentang, Namun ada waktunya dimana usia 3 minggu sikecil harus berlatih memperkuat otot bagian leher mereka. Bunda dpaat melatih dengan memposisikan tidur telungkap. Posisi ini dapat dibutuhkan sikecil untuk belajar merangkak, berguling, dan persiapan untuk belajar duduk.
  • Diusianya yang menginjak usia 4 minggu, sikecil akan mulai belajar mengekslorasi bagaimana angan dan kakainya dapat bergerak sebagai bagian dari tubuhnya. Termasuk anggota tubuhnya.
  1. Perkembangan Kemampuan Sosial Dalam Usia 1 Bulan

    Meskipun usianya masih dihabiskan dengan tidur, Namun dibailik itu sikecil sudah mulai memperhatikan banyak wajah disekitarnya. Sikecil akan mulai mengenal wajah orang tuanya pada kisaran usia 2 minggu. Berikut beberapa perkembangan sikecil:

  • Menjelang usia 1 bulan sikecil akan mulai memperlihatkan ekspresinya, seperti tertawa, gergumam ataupun mengluarkan suara-suara. Hal ini akan menjadi media berkomunikasi untuk itu bunda dapat merespon ekspresinya dengan cepat.
  • Disuianya yang masih kurang 1 bulan sikecil sudah mulai dapat melihat dengan fokus dan memperhatikan wajahnya yang berada dekat dengan pandanganya. Ia akan mulai memperhatikan mimik wajah disekitar.
  • Usia bayi mulai terkejut saat mendengar suara yang keceng dan gaduh, Dan mulai mendengar suara berbincangan dengan orang sekelilingnya.
  1. Perkembangan Pada Kemampuan Berbicara

    Usia ini sudah mulai mendengar dan mulai menggluarkan suara seperti “ah”. Ketika melihat bunda berbicara atau saat mendegar suara disekitarnya.

  1. Perkembangan Kognitif

    Usia perkembangan ini sudah mulai pada perkembangan penglihatan sikecil,  Sikecil dapat melihat objek dengan jarak panjang sekitar 20-35 cm. Unutk itu bunda dapat mendungkung perkembangannya dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Mendekatkan wajah kita pada si kecil pada saat berbicara atau berinteraksi dengannya agar ia dapat belajar memahami mimik wajah kita.
  • Meletakakan gambar atau bentuk yang menarik disekeliling ranjang bayi atau mainan yang bergerak menggantung, terutama dengan warna-warna yang kontras.
Be the First to comment.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *