Bayi

Perkembangan Bayi 0 – 4 Bulan Yang Perlu Bunda Ketahui

Perkembangan Bayi perbulan

Perkembangan Bayi 0 – 4 Bulan

Selamat Datang Bunda, Salah hangat dan salam sejahtera bagi kita semua bunda. Terima kasih telah mengunjungi website learnbabycare.com. Kali ini kami akan berbagai infromasi mengenai perkembangan bayi yang berusia 0-4 bulan yang perlu bunda ketahui.

Perkembangan Bayi perbulan

Perkembangan bayi usia 0 – 4 bulan atau sampai berusia balita memang memerlukan perhatian khusus dari setiap orang tua. Bayi yang baru lahir Cuma bisa menangis karena ini adalah suatu respon dan bahasa alami yang bisa dialakukan untuk menyesuaikan diri di lingkungan barunya.

Perkembangan Bayi Baru Lahir sampai 4 Bulan yang perlu bunda ketahui.

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Usia bayi yang baru usia 0 atau dibawah 1 bulan bisanya bayi akan lebih banyak tidur. Masa ini bayi masih belum bisa memebedakan malam ataupun siang. Usia inilah yang bisa saja bayi tidur seharian disiang hari dan pada malam hari bayi akan sering terbangun.

Usia 0 atau dibawah 1 bulan, Pigmen mata mereka masih belum bisa berkembang secara sempurna. Sehingga warna mereka akan berubah pada minggu mendatang.  Usia 0 bulan cendrung menangisa sebagai ungkapan rasa lapar mereka. Satu hal yang sering bayi lakukan adalah menggenggam jemari ibunya.

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Perkembangan pada bulan selanjutnya sudah mulai berkembang pada penglihatan sikecil.  Ketika usia 2 bulan bayi dapat mulai melihat lebih jauh dan mulai mencoba untuk meraih benda-benda yang ada sisekitarnya.  Untuk itu bunda disarankan utnuk memberikan mainan stimulasi berupa mainaan yang digantungkan diatas box bayi.

Selain perkembangan pada penglihatan bayi, diusia 2 bulan bayi mulai mengisap jempol dan bermain mengenal tanganya sendiri. Bayi cenderung suka memasukan barang-barang kedalam mulutnya. Hal ini merupakan tahap pengenalan, Jadi sebaiknya perhatikan gerak gerik usia bayi saat ini.

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Usia bayi yang sudah menginjak 3 bulan. Bayi semakin perkembang dan semakin sadar dengan sekelilingnya dan seharusnya memiliki jadwal tidur, makan, dan bermain.  Usia 3 bulan tumbuh kembang bayi akan semakin sempurna terutama pada sistem saraf dan lambung yang sudah menerima asupaan banyak ASI atau Susu. Hal ini akan memungkinkan jam istirahat atau tidur bayi terlalu lama. Antara enam sampai tujuh jam.

Waktu tidur siang bayi harus lebih teratur. Dipastikan eaktu tidur usia bayi 3 bulan akan berkurang dan mengalami perubahan dari usia sebelumnya. Kabanyakan bayi usia 3 bulan akan tidur sebentar sekitar 1 ½ sampai 2 jam beberapa kali sehari.

Perkembangan Bayi Usia 4 bulan

Perkembangan usia anak 4 bulan mulai mengalami perkembangan dalam hal berbicara seperti mulai membentuk kosakata. Bayi cenderung berkata “ma-ma” / “da-da”. Selain itu juga berkembang dengan beragam benda dan warna.

 

Setiap anak-anak atau bayi memiliki perkembangan yang berbeda beda. Untuk itu bunda jangan khawatir jika bayi anda melewatkan milestone tertentu, Mulai dari lahir saja bayi melewati cara yang berbeda-beda. Ada yang lahir secara Prematur, Caesar dan Juga Normal. Untuk itu bunda tenang dan jangan panik. Bunda dapat konsultasi dengan dokter anak.

“Terima kasih sudah berkunjung. Jangan Lupa Share Informasi ini kepada teman-teman melalui sosial media anda. “

One comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *