Bayi

Tahap Perkembangan Bayi Baru Lahir Yang Penting Buat Bunda

Tahap Perkembangan Bayi Baru Lahir

Tahap Perkembangan Bayi Baru Lahir Yang Penting Buat Bunda

Selamat untuk bunda atas kelahiran sikecil dan Selamat telah sukses melawati masa kehamilannya. Sebagai seorang ibu.  Bunda pastinya ingin tahu apakah tumbuh kembang bayi bunda sehat dan optimal.  Bunda adalah bunda cerdas, karena pengetahuan dalam perkembangan bayi baru lahir merupakan hal penting dalam merawati sikecil.

Tahap Perkembangan Bayi Baru Lahir

Tahap Awal Perkembangan Bayi Baru Lahir

Menjaga dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak merupakan tugas utama sebagai orang tua, mari bersama untuk mencermati beberapa hal yang perlu bunda ketahu tentang perkembangan bayi baru lahir berikut ini.

Tahap Perkembanga Tubuh Kembang Bayi Baru Lahir

Hal utama terlihat secara fisik adalah berat badan bayi, Lantas berapakah berat badan anak yang baru lahir serta memiliki tumbuh kembang yang baik. Berat badan bayi normal ketika baru lahir adalah antara 2,4-4,1 kg dengan panjang kurang lebih 46-55 cm. Saat baru lahir, tubuh bayi akan terlihat melengkung seperti saat ia masih di dalam rahim Bunda.

Diminggu-minggu pertama usai kelahiarnya, mata bayi masih nampak terpejam, Meski sesekali akan terbuka. Ia juga memliki refleks menggerak-gerakan kaki dan menarik tangan ke arah wajahnya.

Kesehatan Bayi Baru Lahir

Ketika bayi baru lahir, Bayi akan mendapatkan imunisasi pertamanya. Banyak bayi baru lahir langsung diberikan imunisasi jenis Hepatitis B, polio, dan BCG. Selama anak baru lahir sampai usia 6 bulan pertama. Sikecil disarankan untuk mendapatkan imunisasi lainnya, misalnya Imunisasi DPT atau yang sudah direkomendasikan oleh (IDAI).

Manfaat imunisasi untuk bayi adalah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak,  untuk itu sebaiknya jangan lupa imunisasi pada anak dan jangan lewatkan jadwal imunisasi pada anak.

Meningkatkan perkembangan bayi baru lahir

Sebagai orang tua tentunya ingin yang terbaik untuk sikecil. Sebagai bunda yang cerdas tentunya ingin tumbuh kembang anak yang optimal dan sehat. Berikut mari kita pelajari bersama beberapa hal yang perlu bunda lakukan dalam meningkatkan tubuh kembang sikecil sejak lahir.

  • Saat bayi baru lahir, Dokter menyarankan untuk melakukan imunisasi pada sikecil, Imunisasi bermanfaat untuk menjaga sikecil agar tidak mudah terserang penyakit atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh sikecil. Tidak hanya sikecil bunda juga disarankan untuk inisiasi menyusui dini (IMD). IMD bermanfaat untuk mempermudah proses menyusui serta membantu membuat rahim berkontraksi, sehingga membantu menghentikan pendarahan bunda dan mendorong kolostrum dan ASI dari payudara bunda.
  • Merawat bayi baru lahir tentunya tidak mudah, apalagi hal ini terjadi pada bunda-bunda yang baru pertama kali memiliki buah hati tentunya perlu menyesuakan dan belajar dengan yang sudah berpengalaman. Bunda harus menyesuaikan diri dengan berbagai kehidupan bunda dan kelarga. Belum lagi memulihkan diri dari proses melahirkan yang melelahkan. Tapi nikmati saja momen memeluk, menggendong dan menyusui sikecil.
  • Salah satu faktor yang penting sebagai ibu adalan produksi Asi yang lancar adalah dengan pikiean bunda yang tenang. Lebih dari 80% kegagalan ASI ekslusif disebabkan oleh faktor psikologis para ibu yang merasa tertekan dan tidak yakin bahwa ASI yang dia berikan tidak mencukupi bagi sikecil. Untuk itu pastikan bunda selalui tenang dan tidak stres atau kelelahan.

Mencermati perkembangan bayi baru lahir merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh orang tua. Apakah si kecil mulai Tapi tentunya Bunda juga perlu mengingat bahwa setiap anak berkembang dengan cara dan kecepatannya masing-masing.

 

“Terima kasih sudah berkunjung. Jangan Lupa Share Informasi ini kepada teman-teman melalui sosial media anda. “

 

 

Be the First to comment.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *