Balita

Waspada Anemia Pada Anak Dapat Menghambat Pertumbuhan

Waspada Anemia Pada Anak Dapat Menghambat Pertumbuhan, Berikut Gejalanya…

Penyakit yang rata-rata menyerang orang dewasa ini ternyata juga dapat dialami oleh anak-anak. Anemia atau penyakit yang dikenal sebagai kurang darah dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak.

Ciri-ciri anemia pada anak

Anemia yang paling sering terjadi pada anak merupakan kondisi saat tubuh kekurangan zat besok, akibatnya darah jadi kesulitan memasok oksigen yang cukup ke seluruh bagaian tubuh sikecil.  Anemia sendiri merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh menurun dibawah batas normal. Kondisi ini dapat menganggu kesehatan karena sel dara merah mengandung hemoglobin / HB,  yaitu protein yang mengantarkan oksigen keseluruh tubuh untuk tetap bertahan hidup.

Tanda Dan Gejala Anemia Pada Anak

Ada beberapa gejala yang muncul ketika anak anda terkena anemia

  • Anak mudah lelah
  • Wajah terlihat pucat
  • Lemas
  • Mudah terkena infeksi
  • Kulit pucat keabu-abuan, begitu pada area kelopak mata dan daging kuku
  • Kulit atau area mata berwarna kuning { diakibatkan sel darah berkurang karena dihancurkan oleh tubuh)

Apabila gejala diatas sudah berjalan lama sebaiknya segera bawa anak anda ke dokter terdekat sebelum kondisinya menjadi kronis dan menganggu tumbuh kembangnya.

Langkah Tepat Mencegah Anemia Pada Anak

Cara terbaik untuk menghindari anak dari anemia adalah menjalani gaya hidup yang sehat dan pola makan yang bernutrisi seimbang.  Hal ini mencegah agar anak anemia bisa piluh kembali.

  1. Hindari pemberian susu sapi pada bayi usia dibawah 12 bulan

    pemberian susu sapi pada anak dibawah 12 tahun justru mengurangi zat besok yang terserap usus. Alangkah baiknya bunda memberikan ASI sebagai asupan utama

  2. Jangan memberikan susu berlebihan

    Anak bunda doyan susu memang bagus, Namun terlalu berlebihan dalam minum susu akan membuat zat besi rendah dan membuat anak cepat kenyang. Dengan begitu, anak bisa jadi susah makan karena sudah kenyang sedang asupan zat besi dan mineral terbaik berasa dari makanan dan minuman alami seperti sayuran dan buah-buahan.

  3. Mengatur pola makan yang sehat

    memberikan makanan yang banyak mengandung zat besi seperti, biji-bijian dan sereal. Sumber zat besi lan yang baik untuk dikonsumsi misalnya daging segar rendah lemak, kentang, tomat dan kacang-kacangan.

 

Be the First to comment.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *